Sunday, December 16, 2012

Permasalahan banjir di Palembang kurang diperhatikan


Kota Eddy Santana Putra Palembang (ANTARA Sumsel) – Permasalahan genangan air di permukiman penduduk dan beberapa ruas jalan protokol di Palembang ketika hujan lebat turun kurang mendapat perhatian pihak berwenang terbukti tidak ada dana yang dialokasikan khusus untuk penanganan “banjir” di kota pempek itu.

Untuk penanggulangan masalah banjir pada APBD Sumsel tahun 2012 memang tidak ada anggarannya, kata Sekretaris Komisi IV DPRD Sumatera Selatan, Yudha Rinaldi menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai banjir yang terjadi akhir-akhir ini di Palembang, Selasa.

Kota Palembang dengan kondisi musim hujan yang terjadi sekarang ini perlu mendapat perhatian serius dan perlu segera dianggarkan dana untuk mengatasi bencana alam tersebut.

Anggaran di PU Pengairan Sumsel pada tahun ini hanya sedikit untuk normalisasi air di kawasan Jakabaring, Palembang, sedangkan di daerah perkotaan seperti Palembang tidak ada, kata dia.

Ia mengatakan, selama ini memang anggaran di PU Pengairan itu lebih dominan ke daerah-daerah, sementara untuk Kota Palembang tidak dianggarkan.

Akan tetapi, dengan kondisi musim hujan sekarang ini, kalau memang memungkinkan dianggarkan di PU Pengairan Sumsel, maka bisa saja diusulkan dalam APBD perubahan tahun 2012.

Untuk mengatasi banjir di Palembang ini sudah mendesak dianggarkan, kata Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Ia menuturkan, mungkin untuk mengatasi banjir di Kota Palembang ini bukan tanggung jawab pemerintah provinsi, tetapi kalau memang diperbolehkan dari anggaran Sumsel, bisa saja diusulkan dalam APBD perubahan mendatang.

Sejauh ini memang belum ada usulan mengenai anggaran guna mengatasi banjir di Palembang, tutur dia.

Sebagaimana diketahui sejak beberapa hari terakhir ini ketika hujan turun lebat, maka sejumlah titik lokasi di Kota Palembang tergenang oleh air seperti di depan halaman kantor gubernur Sumsel, kemudian di Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani di Plaju dan lainnya.

Dengan adanya genangan air di badan jalan itu tentunya membuat arus lalu lintas terganggu sehingga menimbulkan kemacetan.(ANT/KR-Sus)

Sumber: Permasalahan banjir di Palembang kurang diperhatikan